Pengaruh Pendidikan Moral Anak di Era Milenial

Image
Febrianti Arum Puspita Sari
Info Terkini | Monday, 26 Apr 2021, 13:50 WIB
Oleh : Febrianti Arum Puspita Sari

Pertama, Apa yang kalian ketahui tentang Milenial? Tentu saja di telinga masyarakat tidak asing terdengar, terlebih kepada anak remaja yang gemar membaca berita, entah berita di instagram, facebook, twitter dll. Namun, apa sih artinya Milenial itu?

Milenial pada umumnya adalah anak-anak dan dari generasi Baby Boomers dan Gen-X sumber ini menyebutkan orang atau generasi yang lahir pada tahun 1998-an dan 1990-an di sebut Milenial.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang seberapa penting kah Pengaruh Pendidikan Moral Anak di Era Milenial / Sekarang. Perlu kita sadari perkembangan IPTEK di Negara kita ini sangat pesat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir dari mulai inovasi sistem pendidikan, sarana informasi, pelayanan kesehatan semua berkembang dengan sangat pesat. Akan tetapi, kita perlu berkaca pada kasus yang terjadi pada di akhir- akhir ini pada Januari lalu tepatnya pada hari Kamis, 21 Januari 2021 di Yogyakarta, "Tiga Pemotor Jadi Korban Klitih Tangan Kena Bacok".

Klitih adalah sesuatu aksi kekerasan berupa perampasan harta benda korban, di ketahui pelaku klitih masih berusia remaja atau masih berstatus pelajar / siswa sekolah. Siapakah yang salah? Apakah orang tua yang kurang pengawasan atau kurangnya implementasi pendidikan, norma, dan sosial? Bagi para pelajar / siswa Pendidikan Moral sangat penting diterapkan.

Kedua, di dalam materi telah dijelaskan Pengertian Etika, Norma, Nilai, dan Moral. Dalam masalah ini kita menyoroti tentang Moral dan Norma. Moral adalah Ajaran tentang hal yang baik dan buruk, yang menyangkut tingkah tingkah laku dan perbuatan manusia, dan Norma adalah aturan aturan yang mengikat warga masyarakat atau kelompok tertentu dan menjadi panduan, tantanan, pandangan, dan pengendalian sikap dan tingkah laku manusia. Norma dan Moral secara bersama mengatur kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek.

Ketiga, menurut saya kurangnya penerapan Norma atau peraturan peraturan yang ada itulah yang bisa merusak anak anak di Era Milenial / Sekarang. Selain keterbatasan ruang belajar yang di sebabkan Covid 19 yang menyebabkan kita diharuskan melalui rumah. Maka, Peran Orang Tua sangatlah penting terhadap pengawasan anak, orang tua pun harus mendidik tentang norma atau aturan yang ada dan mengawasi anak setiap saat. Karena Pendidikan sejak dini melalui norma, etika, moral itu sangatlah penting terhadap keberlangsungan anak menjadi pribadi yang Moral dan Proffesional. Pendidikan Moral di Indonesia tidaklah akan terlepas bagi kita para calon penerus bangsa yang menginginkan Negara ini Maju dengan pesat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Indonesia Bisa Mengambil Hikmah di Balik Kasus Covid-19 di India

Image

Generasi Milenial Pilar Utama Gerakan Filantropi

Image

Ngabuburit Ramadhan: Lifestyle Mahasiswa di Mesir

Image

Destinasi Wisata Alun-alun Kejaksan, Tempat Ngabuburit Favorit di Kota Cirebon

Image

Penyekatan di Tol Pasteur Menjelang Lebaran

Image

Tempe Mendoan, Menu Takjil Kesukaan Masyarakat

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image