Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Febrianti Arum Puspita Sari

Pengaruh Pendidikan Moral Anak di Era Milenial

Info Terkini | Monday, 26 Apr 2021, 13:50 WIB
Oleh : Febrianti Arum Puspita Sari

Pertama, Apa yang kalian ketahui tentang Milenial? Tentu saja di telinga masyarakat tidak asing terdengar, terlebih kepada anak remaja yang gemar membaca berita, entah berita di instagram, facebook, twitter dll. Namun, apa sih artinya Milenial itu?

Milenial pada umumnya adalah anak-anak dan dari generasi Baby Boomers dan Gen-X sumber ini menyebutkan orang atau generasi yang lahir pada tahun 1998-an dan 1990-an di sebut Milenial.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang seberapa penting kah Pengaruh Pendidikan Moral Anak di Era Milenial / Sekarang. Perlu kita sadari perkembangan IPTEK di Negara kita ini sangat pesat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir dari mulai inovasi sistem pendidikan, sarana informasi, pelayanan kesehatan semua berkembang dengan sangat pesat. Akan tetapi, kita perlu berkaca pada kasus yang terjadi pada di akhir- akhir ini pada Januari lalu tepatnya pada hari Kamis, 21 Januari 2021 di Yogyakarta, "Tiga Pemotor Jadi Korban Klitih Tangan Kena Bacok".

Klitih adalah sesuatu aksi kekerasan berupa perampasan harta benda korban, di ketahui pelaku klitih masih berusia remaja atau masih berstatus pelajar / siswa sekolah. Siapakah yang salah? Apakah orang tua yang kurang pengawasan atau kurangnya implementasi pendidikan, norma, dan sosial? Bagi para pelajar / siswa Pendidikan Moral sangat penting diterapkan.

Kedua, di dalam materi telah dijelaskan Pengertian Etika, Norma, Nilai, dan Moral. Dalam masalah ini kita menyoroti tentang Moral dan Norma. Moral adalah Ajaran tentang hal yang baik dan buruk, yang menyangkut tingkah tingkah laku dan perbuatan manusia, dan Norma adalah aturan aturan yang mengikat warga masyarakat atau kelompok tertentu dan menjadi panduan, tantanan, pandangan, dan pengendalian sikap dan tingkah laku manusia. Norma dan Moral secara bersama mengatur kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek.

Ketiga, menurut saya kurangnya penerapan Norma atau peraturan peraturan yang ada itulah yang bisa merusak anak anak di Era Milenial / Sekarang. Selain keterbatasan ruang belajar yang di sebabkan Covid 19 yang menyebabkan kita diharuskan melalui rumah. Maka, Peran Orang Tua sangatlah penting terhadap pengawasan anak, orang tua pun harus mendidik tentang norma atau aturan yang ada dan mengawasi anak setiap saat. Karena Pendidikan sejak dini melalui norma, etika, moral itu sangatlah penting terhadap keberlangsungan anak menjadi pribadi yang Moral dan Proffesional. Pendidikan Moral di Indonesia tidaklah akan terlepas bagi kita para calon penerus bangsa yang menginginkan Negara ini Maju dengan pesat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image