Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image siti zainatun umaro

Model Pembelajaran Inkuiri Hasil Belajar IPA Siswa SD

Eduaksi | Tuesday, 20 Apr 2021, 10:00 WIB
Penulis admin- 20 April 2021

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pembelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung. Dalam pembelajaran tersebut siswa difasilitasi untuk mengembangkan sejumlah keterampilan proses (kerja ilmiah) dan sikap ilmiah dalam memperoleh pengetahuan alam sekitarnya. Orientasi pembelajaran yang ideal dalam mata pelajaran IPA adalah pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran inkuiri.

Pada hakekatnya IPA dipandang dari segi produk, proses dan dari segi pengembangan sikap yang artinya pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja, dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikan sebagai aspek penting dalam kecakapan hidup. Pembelajaran IPA yang dilaksanakan sampai saat ini cenderung guru hanya menyampaikan materi saja dan siswa mendengarkan penjelasan guru sehingga siswa cenderung lebih pasif sedangkan gurunya yang aktif. Dalam hal ini pembelajaran sulit untuk dipahami oleh siswa dan pada saat siswa diberi pertanyaan siswa tidak mampu menjawab dengan benar.

Dengan permasalahan tersebut maka diperlukan upaya untuk memperbaiki kualitas dalam pembelajaran, sehingga alternatif yang digunakan yaitu menerapkan model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri ini akan membuat siswa lebih banyak berdiskusi untuk memecahkan masalah. Kelebihan dari model pembelajaran inkuiri adalah proses pembelajaran yang dapat menekankan siswa untuk aktif dan dapat merubah tingkah laku siswa dengan adanya pengalaman yang langsung mereka peroleh secara langsung di dalam pembelajaran.

Menurut Sanjaya (2010: 196) model pembelajaran inkuiri merupakan serangkaian yang kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Sedangkan Schmidt (dalam Rusman, 2012: 117) menyatakan model pembelajaran inkuiri adalah suatu proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi dana tau eksperimen untuk mencari jawaban atau memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis. Sehingga diharapkan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah melakukan proses yang telah dilakukan dalam belajar. Hasil belajar harus menunjukkan suatu perubahan tingkah laku atau perolehan perilaku yang baru dari siswa yang bersifat menetap, fungsional, positif, dan disadari. Hasil belajar siswa dapat ditentukan oleh proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Selama proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran inkuiri, terlihat sebagian siswa bersemangat dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dan aktif dalam melakukan setiap proses pembelajaran yang dilaksanakan. Adapun dari segi kelemahan aktivitas siswa adalah masih terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dan termotivasi dan lebih banyak bermain pada saat belajar. Untuk aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri secara umum berlangsung sudah baik.

Setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri di sekolah dasar dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri dapat mengembangkan karakter siswa, seperti karakter kerja sama, rasa ingin tahu, dan komunikatif.

Penulis: Siti Zainatun Umaro

Prodi: PGSD/Semester 4

Mahasiswa: Universitas Muhammadiyah Purworejo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image