Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemis Pahing

8 Kenikmatan Bulan Ramadhan Yang Hanya Anda Rasakan Setahun Sekali

Agama | Sunday, 10 Apr 2022, 22:59 WIB

Tak terasa, bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Menurut prediksi Profesor Riset Astronomi-Astrofisika dari BRIN, Thomas Djamaluddin, awal bulan Ramadhan akan jatuh pada 2 atau 3 April 2022. Oleh karena itu, ia memprediksi pemerintah akan memutuskan Ramadhan akan dimulai pada April. 3, 2022. Baca Selengkapnya...

Seperti diketahui, Ramadhan merupakan bulan yang paling istimewa bagi umat Islam, sehingga banyak yang menyambutnya dengan suka cita. Di bulan ini, ada pahala yang tak terhingga dan berlipat ganda yang diberikan oleh Allah SWT.

Selain itu, pada bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa selama satu bulan, di mana umat Islam harus mengendalikan hawa nafsu, menahan dahaga dan lapar sejak terbit fajar (subuh) hingga tiba waktu berbuka ketika adzan Maghrib dikumandangkan.

Bulan ini juga dikenal membawa banyak berkah. Oleh karena itu, umat Islam bisa mendapatkan berkah bulan Ramadhan dengan amalan sederhana. Salah satunya dengan mengucapkan zikir atau sedekah.

Kelihatannya sederhana, tapi reward yang diterima bisa berkali-kali lipat dibandingkan bulan-bulan lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika di bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.

Berlimpahnya berkah bulan Ramadhan dan pahalanya membuat umat Islam berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan demi mengharapkan pahala yang besar dari-Nya. Selain itu, bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk saling memaafkan.

Namun tidak hanya disambut dengan hati yang penuh suka cita, niat amalan perlu dibarengi dengan doa agar bisa diterima. Doa-doa tersebut adalah:

“Allahumma sallimnii ilaa ramadlaana wa sallim lii ramadlaana wa tasallamhu minni mutaqobbalaa.”

Yang artinya :

“Ya Allah, bawalah aku ke Ramadhan, dan sampaikan Ramadhan kepadaku, dan terimalah amalanku di bulan Ramadhan.”

Selain doa, ada berkah Ramadhan lainnya yang bisa Anda rasakan di bulan Ramadhan ini. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya, Liputan6.com, Senin (7/3/2022), telah merangkum dari berbagai sumber tentang berkah bulan Ramadhan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan amalan sunnah. Apa pun? Simak rangkumannya di bawah ini.

Berkah Bulan Ramadhan

Perbanyak Do'a

Orang yang berpuasa, ketika berbuka puasa termasuk orang yang doanya mujarab. Oleh karena itu, perbanyaklah berdoa saat berpuasa, terutama saat berbuka. Berdoalah untuk kebaikan diri Anda, keluarga Anda, bangsa Anda, dan saudara-saudari Muslim Anda di belahan dunia ini.

Biasakan diri Anda dengan Al-Qur'an

Keberkahan bulan Ramadhan bisa Anda dapatkan dengan melengkapi Al-Qur'an. Ya, Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an. Pada bulan inilah Al-Qur'an pertama kali diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke langit dunia sekaligus. Dengan ini Allah SWT berfirman:

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an (awalnya) sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan atas petunjuk itu serta pembeda (antara yang haq dan yang batil)”. – Al Baqarah : 185.

Berkah Bulan Ramadhan (Shalat Tarawih)

Sholat Tarawih

Selain itu, berkah bulan Ramadhan yang hanya bisa Anda dapatkan di bulan ini adalah shalat tarawih. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang menjalani malam Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Itikaf

I'tikaf adalah tinggal di masjid untuk beribadah kepada Allah SWT. I'tikaf adalah sunnah bagi laki-laki dan perempuan, karena Rasulullah SAW selalu melakukan I'tikaf, terutama pada sepuluh malam terakhir dan istri-istrinya juga ikut I'tikaf bersamanya. Selain itu, orang yang melaksanakan I'tikaf harus memperbanyak dzikir, istighfar, membaca Al-Qur'an, shalat, shalat sunnah, dan sebagainya.

Memperbanyak Berbuat Kebaikan

Berbuat lebih baik

Bulan Ramadhan adalah kesempatan emas bagi setiap Muslim untuk meningkatkan jumlah pahalanya di sisi Allah. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Baihaki disebutkan bahwa amalan sunnah di bulan Ramadhan bernilai seperti amalan wajib dan amalan wajib ini bernilai 70 amalan wajib di luar Ramadhan.

Jadi, manfaatkan setiap kesempatan untuk berbuat baik, bahkan yang terkecil sekalipun, meski hanya senyuman di depan orang lain. Ciptakan kreasi dan inovasi dalam berbuat kebaikan agar tabungan kebaikan Anda terus bertambah.

Memberi sedekah

Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah yang paling baik adalah sedekah di bulan Ramadhan” (HR. Tirmidzi).

Ibnu Abbas RA berkata: “Nabi (Muhammad SAW) adalah orang yang paling dermawan. Kedermawanannya meningkat ketika malaikat Jibril bertemu dengannya setiap malam hingga akhir bulan Ramadhan, kemudian Nabi membacakan Alquran di depan Jibril. Saat itu kedermawanan Nabi melebihi angin yang bertiup.”

Dan di akhir bulan Ramadhan, Allah mewajibkan setiap muslim untuk membayar zakat fitrah sebagai pelengkap puasanya.

Berkah Bulan Ramadhan (Umaroh dan Berbagi)

umroh

Bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang paling baik untuk melakukan umroh, karena umroh di bulan Ramadhan memiliki pahala tersendiri, seperti pahala haji bersama Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW bersabda, “Umrah di bulan Ramadhan seperti haji bersamaku”.

Nah, itulah beberapa amalan yang bisa kamu lakukan selama bulan Ramadhan. Kurangi kegiatan yang tidak bermanfaat dan lakukan amalan yang bermanfaat sebagai tabungan akhirat.

Memberi Buka Puasa

Berusaha menyediakan makanan untuk berbuka puasa bagi orang yang berpuasa meskipun hanya seteguk air atau kurma, maka sebagaimana sabda Nabi yang berbunyi: “Barangsiapa yang berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikit pun.” (Bukhori Muslim).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image